Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Sabtu, 11 Mei 2013

GBPP ASUHAN NEONATUS, BAYI DAN ANAK BALITA



Oleh : Euis Agustin Indah Safitri

MATA KULIAH                    : ASUHAN NEONATUS, BAYI DAN  ANAK BALITA
KODE MATA KULIAH       : BD. 306
BEBAN STUDI                      : 4 SKS. (T : 2, P : 2)
PENEMPATAN                     : SEMESTER III


A.    DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memberikan asuhan pada neonatus (24 jam setelah lahir sampai dengan 28 hari) bayi dan balita yang didasari oleh konsep, sikap dan keterampilan.
Topik-topik yang dibahas meliputi : lingkup asuhan, penatalaksanaan, pemantauan tumbuh kembang, imunisasi, peran dan tanggung jawa orang tua, sistem rujukan serta pendokumentasian hasil asuhan.

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Menjelaskan lingkup asuhan neonatus, bayi dan anak balita normal dan abnormal.
2.     Menjelaskan konsep asuhan bayi dan anak balita.
3.     mempraktikan pemantauan tumbuh kembag bayi dan anak balita.
4.     Mempraktikam stimulasi sesuai tahap tumbuh kembang bayi dan anak balita normal dan abnormal.
5.     Mempraktikan asuhan pada neonatus, bayi dan anak balita normal dan abnormal.
6.     Mempraktikan immunisasi pada neonatus, bayi dan anak balita.
7.     Mempraktikan  penyuluhan pada orang tua tentang asuhan neovatus, bayi dan anak balita.
8.     Melaksanakan sistem rujukan.
9.     Mempraktikan pendokumentasian asuhan.

C.    PROSES PEMBELAJARAN
T :   Dilaksanakan di kelas dengan menggunakan ceramah, diskusi, seminar dan penugasan.
P :   Dilaksanakan di kelas, laboratorium (baik di kampus maupun di lahan praktek) dengan menggunakan metoda simulasi, demonstrasi, role play dan bed side teaching.



D.    EVALUASI
  • UTS                             : 15%
  • UAS                            : 25%
  • Tugas terstruktur        : kasus /seminar : 10 %
  • Praktikum                   : 50%


E.    BUKU SUMBER

Buku Utama
1.     CCU’s SMT 3, Asuhan Bayi Baru Lahir, 2000
2.     Varney’s, Midwifery, 1997
3.     Sub Dit Kes Bayi dan Anak, Dir. Kes. Ga, Program KHPPIA, 2000

Buku Anjuran
1.     Depkes RI, Asuhan Kesehatan dalam Kontek Keluarga, 1992
2.     FK-UI, Ilmu Kesehatan Anak 1 dan 3
3.     Depkes RI, Program Ummunisasi
4.     Penny Stanway, Pregnancy dand Baby Care, 1997
5.     Mirriamstoppard, Complete Baby and Child Care, 1995
6.     Depkes RI, MTBS, Modul, 2000
7.     Mayes, Midwifery, 1999




RINCIAN KEGIATAN
Bd. 306
NO
TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
POKOK/SUB POKOK BAHASAN
WAKTU
SUMBER
T
P
K


1.
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dapat :
Menjelaskan lingkup asuhan neonatus, bayi dan anak balita.


1.1.   Lingkup asuhan
1.1.1.   Bayi baru lahir
1.1.2.   Bayi baru lahir bermasalah
1.1.3.   Kelainan-kelainan pada bayi baru lahir.
1.1.4.   Trauma pada bayi baru lahir.
1.1.5.   Neonatus beresiko tinggi
1.1.6.   Kegawatdaruratan
1.1.7.   Neonatus, bayi dan anak balita dengan penyakit yang lazim terjadi.


3




2.
Menjelaskan konsep yang mendasari asuhan neonatus, bayi dan anak balita.

2.1.   Konsep asuhan neonatus, bayi dan anak balita
2.1.1.    Adaptasi bayi baru lahir terhadap kehidupan di luar uterus.
2.1.2.    Pencegahan infeksi
2.1.3.    Rawat gabung
4



3.
Memberikan asuhan pada bayi usia 2-6 hari
3.1. Pengumpulan data
3.1.1.    Pengkajian fisik bayi baru lahir.
3.1.2.    Penampilan dan perilaku bayi baru lahir.

3.2. Membuat rencana asuhan bayi 2-6 hari
3.2.1. Rencana asuhan 2-6 hari
-       minum
-       BAB
-       BAK
-       Tidur
-       Kebersihan kulit
-       Keamanan
-       tanda-tanda bahaya
-       Penyuluhan sebelum bayi pulang

2



2
6



6

BU 2, chapt 32, 33



BU 2, chapt 33

4.
Mahasiswa mampu mempraktikan asuhan pada bayi sampai usia 6 minggu.
4.1 Asuhan primer pada bayi 6 minggu pertama
4.1.1.    Peran bidan pada bayi sehat
4.1.2.    Bounding attachment
4.1.3.    rencana asuhan
2
6

BU 6, chapt 35
5.
Mahasiswa mampu mempraktekan pemantauan tumbuhkembang neonatus, bayi dan anak balita.
5.1. Indikator pemantauan tumbuh kembang neonatus, bayi dan anak balita
5.1.1.    Pertumbuhan
-       BB
-       TB
5.1.2.    Menggunakan Denver Development Stress Test (DDST)
4
8

BA 1, 2, 5
6.
Mahasiswa mampu mempraktekan asuhan pada neonatus dan bayi baru lahir dengan masalah yang lazim terjadi.
6.1.    Neonatus dan bayi dengan masalah serta penatalaksanaannya.
6.1.1.      Bercak Mongol
6.1.2.      Hemangioma
6.1.3.      Ikterik
6.1.4.      Muntah dan gumoh
6.1.5.      Oral trush
6.1.6.      Diaper rush
6.1.7.      Seborrhea
6.1.8.      Bisulan
6.1.9.      Milliariasis
6.1.10.   Diare
6.1.11.   Osbtipasi
6.1.12.   Infeksi
6.1.13.   Bayi meninggal mendadak

6.2.    Asuhan neonatus dengan jelas persalinan.
6.2.1.      Caput suksedaneum
6.2.2.      Cephalhematoma
6.2.3.      trauma pada flexus brachiaaalis
6.2.4.      Fraktur klavikula dan fraktur humerus

6.3.    Neonatus dengan kelainan bawaan dan penatalaksanaannya.
6.3.1.      Labioskizis dan labiopalatoskizis
6.3.2.      Atresia esophagus
6.3.3.      Atresia rekti dan anus
6.3.4.      Hirschprung
6.3.5.      Obstruksi billiaris
6.3.6.      Omfalokel
6.3.7.      Hernia Diafragmatika
6.3.8.      Atresia duodeni, oesophagus
6.3.9.      Meningokel, ensefalokel
6.3.10.   Hidrosefalus
6.3.11.   Fimosis
6.3.12.   Hipospadia
6.3.13.   Kelainan metabolic dan endokrin

6.4.    Neonatus risiko tinggi dan penatalaksanaannya
6.4.1.      BBLR
6.4.2.      Asfiksia Neonatorium
6.4.3.      Sindrom, gangguan pernafasan
6.4.4.      Ikterus
6.4.5.      Perdarahan tali pusat
6.4.6.      Kejang
6.4.7.      Hypotermi
6.4.8.      Hypertermi
6.4.9.      Hypoglikemi
6.4.10.   Tetanus neonatorium
6.4.11.   Penyakit yang diderita ibu selama kehamilan

4















2





3















3
6















6





6















8

BU 1, 2, 3
BA 1, 2, 5, 6, 7














BU 2 chapt 35





BU 2
BA 2, 4, 5, 7














BU 2
BA 1, 2, 4, 5, 7
7.
Memberikan immunisasi pada neonatus, bayi dan anak balita.
7.1.   Immunisasi dasar
7.2.   Immunisasi ulang
1
6

BU 1
BA 1, 2
8.
Melaksanakan penatalaksanaan rujukan
8.1.   Sistem rujukan
8.1.1.      Jenis rujukan
8.1.2.      Tingkat rujukan
8.1.3.      Mekanisme/alur rujukan
1
4

BU1
BA 1, 2
9.
Mendokumentasikan hasil asuhan pada neonatus bayi dan anak balita.
9.1. Dokumentasi dengan metode SOAP
1
2

BU 2


JUMLAH
32
64


Tidak ada komentar:

Posting Komentar