Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Jumat, 10 Mei 2013

PERAWATAN TALI PUSAT BAYI BARU LAHIR
Oleh : Indah Kusuma Wati, Amd.Keb.



Bayi telah menghabiskan waktu selama kurang lebih sembilan bulan dalam Rahim sang ibu. Berada dalam air ketuban dan memeroleh oksigen, makanan dan zat antibodi dari ibunya melalui tali pusat. Tali pusat ini juga berfungsi sebagai saluran pembuangan bahan-bahan yang sudah tidak diperlukan bayi, yaitu urea dan gas karbon dioksida, dimana akan meresap keluar melalu arteri umbilicalis.
Panjang tali pusat sendiri berbeda-beda antara satu bayi dengan bayi lainnya. Panjangnya berkisar 50-60 cm. Tali pusat merupakan penghubung plasenta dan tubuh sang bayi. Ketika bayi telah lahir, maka petugas medis akan memotongnya kurang lebih 3 cm dari pangkal tali pusat. Tentu saja alat-alat yang digunakan dan tangan petugas medis haruslah steril agar tidak terjadi infeksi pada tali pusat tersebut.
Oleh karena kondisi tali pusat masih basah dan belum “puput” atau lepas maka perlu perawatan tali pusat yang baik agar bayi baru lahir tersebut tidak terkena infeksi yang bisa mengakibatkan kematian.
Perawatan tali pusat bayi baru lahir pada dasarnya mengondisikan agar tali pusat selalu dalam keadaan bersih dan kering. Apabila perawatannya baik, maka tali pusat akan puput pada hari ke-5 atau ke-7 setelah lahir. Namun apabila puput pada minggu ke-4 pun masih dalam batas yang aman selama tidak ditemui kondisi ; pangkal tali pusat berwarna merah, keluar cairan yang berbau, darah yang keluar terus menerus, bayi mengalami demam tanpa sebab yang jelas dimana hal ini menunjukkan adanya infeksi pada tali pusat.
Perawatan tali pusat bayi baru lahir dengan selalu menjaga kedua tangan kita senantiasa bersih ketika merawat tali pusat tersebut. Cucilah dengan sabun dengan bersih dan keringkan. Bersihkan tali pusat setiap hari dengan cermat, gunakan air yang bersih kemudian keringkan dengan kassa steril. Biarkan tali pusat dalam keadaan terbuka agar cepat kering. Ketika mandi pun, terutama ketika bayi berumur 1-7 hari bisa dengan mengelapnya. Hal ini menunjang tali pusat tetap kering. Ketika tali pusat mulai mengering, bahkan tinggal sedikit yang menyambung dengan pangkal tali pusat, jangan tergoda untuk menariknya. Biarkan lepas sendiri secara alami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar